Jangan sampai lalai sama yang namanya kampas rem. BAHAYA !!!!
Taukah kalian guys, kalau kampas rem adalah alat terpenting pada sebuah kendaraan, karena remlah yang berkerja disaat kita ingin menghentikan laju kendaraan kita. Namun kita sering anggap sepele soal rem itu sendiri, banyak orang yang tidak merawat kampas remnya bahkan sering sekali memakai kampas rem sampai habis. Kalian tau apa dampak disaat kita memakai rem yang sudah habis ? Tentu disaat jalan kering kalian masih dapat melakukan pengereman, namun disaat jalanan basah, bisa saja kendaraan kita terus melaju. Ulasan Pengetahuan tentang merawat onderdil kendaraan seperti melakukan perawatan kampas sangat penting untuk diketahui.
Berikut adalah Tips & Trick beserta panduan untuk merawat kampas rem motor, sebelum membaca artikel ini ada berbagai hal yang harus dimengerti dan dikerjakan terlebih dahulu. Salah satunya Tips & Trick penting yaitu membersihkan rantai motor, hal ini adalah cara untuk merawat kampas rem kalian, kotoran di rantai bisa berpengaruh pada awetnya atau tidaknya kampas. Lihat juga posisi antara piringan dan kampas dan kerjakan perawatan rem tromol motor karena sering terjadi rem kurang pakem. Hal yang paling sering ditanyakan pemotor ialah bagaimana agar rem tetap pakem walaupun tromol sudah tipis. Mau tau jawabannya ? ayo baca dibawa berikut Tips & Trick dari Jenotomotiv.Berikut Tips & Trick Merawat Kampas Rem.
Step Yang Pertama.

Tromol Motor

Agar kampas rem lebih awet dari biasanya, cek kondisi dan posisi tromol, utamanya bagian penampang dudukan cakram, baik untuk teromol baru juga teromol bekas. Pertama-tama bersihkan tromol terlebih dahulu dan pastikan penampang cakram dalam keadaan bersih, perhatikan dan lihat permukaan dudukan pastikan cakram rata, hal ini bertujuan agar piringan cakram berputar secara simetris sehingga bobot kampas rem tidak terlalu berat.
Step Kedua.
![]() |
Kampas Rem Cakram |
Membersihkan kaliper dan pin fleksiblenya ini perlu dilakukan karena hal ini bertujuan agar dorongan yang diberikan kampas rem sama rata. Perhatikan jarak ruang antara piringan dan kampas rem, jika keduanya bertemu atau menempel, maka atur kembali posisi kampas, atau bisa dengan memutar roda motor tersebut dan lihat piringan cakram, pastikan tidak bakal menyentuh kampas rem, itu merupakan cara setting jarak piringan dan kampas.
Step Ketiga.
Pastikan anda selalu memperhatikan bearing roda terlumasi dengan baik, lakukan pelumasan secara tetatur bisa menggunakan gemuk, dan WD. Bagian ini berfungsi untuk menghindari karat, dan terjadinya speling pada bearing, yang bisa berakibat membuat piringan cakram bersinggungan dengan kampas rem, problem tersebut sering dialami oleh pengendara motor.
Step Terakhir.
Yakni menggunkan rem dengan sewajarnya, saat berkendara usahakan jarak dengan kendaraan di depan tidak terlalu dekat, Ingat guys jaga jarak hehe. Hal ini untuk menghindari penggunaan hard breaking disaat kendaraan didepan kita ngerem mendadak. Saat melakukan pengereman secara terus – menerus maka akan menyebabkan kampas rem mudah terbakar, sehingga mengurangi umur kampas, atau cepat habis.
Sebenarnya guys ngerawat kampas rem itu gak terlalu ribet kok, asalkan kita mematuhi tips dan panduan, serta menggunakan rem dengan semestinya.
Gimana guys ? jangan abaikan lagi soal yang namanya rem habis yah, karena rem adalah onderdil terpenting di kendaraan. Sekian Tips & Trick dari jenotomotiv soo keep savety n byee
0 comments
Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^